Diberdayakan oleh Blogger.

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Para Kastrater BEM FKUB 2013

HTTS (Hari Tanpa Tembakau Sedunia) FKUB 2013


Hari Tanpa Tembakau Sedunia ( HTTS) adalah hari dimana dunia harus bebas dari tembakau, yang jatuh pada tanggal 31 Mei. HTTS termasuk dalam proker kastrat karena, kastrat disini tugasnya bukan hanya mengkaji isu-isu atau masalah tetapi kastrat juga peduli terhadap Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang memang perlu diperingati dan diperjuangkan, mengingat tembakau merupakan bagian dari rokok, sedangkan disekitar kami hampir semua orang, tak mengenal jabatan, usia dan lingkungan, semua pernah terpapar oleh rokok. Masyarakat tentunya tahu bahwa rokok mengandung racun yang akan membunuh secara perlahan, tetapi masyarakat kurang sadar mengenai efek jangka panjang terhadap perokok aktif ataupun perokok pasif.
HTTS yang dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2013 ini diketuai oleh idris.  Dalam HTTS kastrat mempunyai berbagai rangkaian acara untuk memperingatinya, diantaranya aksi damai HTTS dan seminar nasional HTTS.


Acara  pertama HTTS adalah dengan melakukan aksi damai, disini maksudnya kami mahasiswa turun ke jalan, semacam demo tetapi dengan konsep damai. Acara ini dilakukan pada tanggal 31 Mei 2013 sekitar pukul 15.30 WIB. Peserta aksi damai adalah dari berbagai fakultas di Universitas Brawijaya. Pertama, kami berkumpul di depan Griya Mahasiswa (Grima) FKUB. Setelah semua peserta berkumpul, kami diberi arahan apa yang harus kami lakukan, rute jalan yang harus kami lewati dan berbagai aturan mengenai aksi. Dalam aksi ini yang berperan sebagai orator adalah Agustinus Andy dari Farmasi 2011 serta Mada Maulana PD 2010. Peserta yang sudah berkumpul, berbaris di depan Grima. Dan diberikan peralatan atau berbagai macam kebutuhan untuk aksi damai, diantaranya coklat, spanduk, stiker antirokok, Brosur bahaya merokok. Rute aksi kami adalah di sekitar Universitas Brawijaya. Setelah semua siap maka peserta aksi damai diberangkatkan. Apa saja yang kami lakukan? Orator berorasi dan meneriakkan beberapa kalimat kontra rokok dan kami peserta aksi mendukung apa yang diucapkan si orator dengan meneriakkan kalimat kontra rokok atau pun jawaban dari orasi. Kami menyusuri jalan raya dan mencari apakah ada orang yang merokok. Saat kami menemukan terdapat oknum-oknum yang merokok, peserta aksi langsung menghampiri dan memberi penjelasan mengenai bahaya rokok, serta meminta kepada perokok untuk tidak merokok lagi dan meminta untuk mematikan rokoknya saat itu juga. Nah apakah si perokok tersebut bersedia? Tentu saja bersedia, karena selain dengan memberi penjelasan, kami mengganti rokok tersebut dengan sebatang coklat. Selain itu kami juga memberikan brosur yang berisi bahaya rokok yang ditimbulkan. Setelah si perokok bersedia untuk mematikan rokoknya maka si perokok diminta untuk bertanda tangan di spanduk putih yang sudah di sediakan oleh panitia HTTS, selain itu momen ini juga didokumentasikan berupa beberapa foto.

Acara kedua dari HTTS adalah seminar nasional Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang dilaksanakan pada tanggal 1 juni 2013 di Biomedik FKUB dengan tema “Lindungi Tubuhku, Lindungi Generasiku Cerdas Tanpa Asap Rokok” dengan pembicara 1 adalah dr. Arief Alamsyah, MARS, dan pembicara 2 adalah Dr.Iin Noor Chozin, Sp.P. Selain seminar nasional, terdapat pula lomba-lomba nasional yang dimasukkan dalam rangkaian acara seminar, diantaranya lomba poster antirokok serta lomba video antirokok. Selain itu juga ada perform dari Sonore Acustik Stand Up Comedy Universitas Brawijaya.

Acara yang kami lakukan masih belum sempurna, terdapat kekurangan seperti kurangnya minat mahasiswa dalam mengikuti aksi damai dan seminar nasional. Serta pada saat itu ketika aksi damai ada beberapa jurusan di FK yang masih dalam kegiatan akademik. Jadi kami berharap agar HTTS selanjutnya lebih diperhatikan dalam hal waktu pelaksanaannya serta agar panitia HTTS dapat lebih berjuang untuk mendapatkan peserta seminar dan peserta aksi yang lebih banyak. Dengan berbagai rangkaian acara HTTS kami berharap generasi berikutnya sadar akan bahaya rokok yang ditimbulkan baik untuk perokok aktif atau pasif, demi terciptanya indonesia yang lebih sehat. 

0 komentar:

Posting Komentar