Diberdayakan oleh Blogger.

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Probinmaba FKUB ,sudah efektifkah??


Probinmaba adalah akronim dari Program Pembinaan Mahasiswa Baru. Ada kata pembinaan dalam kalimat tersebut. Kolega semua pasti tau apa arti dari kata pembinaan. Sekarang pertanyaannya kenapa harus ada program pembinaan untuk maba??
Maba identik dengan sifat kekanak-kanakan yang mereka bawa dari SMA. Masa transisi dari seorang siswa menjadi mahasiswa sangatlah terlihat. Tujuan probinmaba adalah untuk membuang sifat-sifat tersebut dan tentunya mengenalakn kehidupan kampus serta mengenalkan semua budaya yang ada di kolegium kita ini. Pertanyaan selanjutnya, sudah EFEKTIFkah probinmaba yang ada di FKUB ini??

Tahun ini probinmaba diadakan kembali (seperti tahun-tahun sebelumnya) dengan Tema Reaktor Bangsa. Rangkaian probinmaba dimulai dari PK2MABA, KRIMA, LOKAKARYA dan diakhiri dengan PENMAS. PK2MABA sudah terlewati yang diadakan tanggal 6 dan 7 September 2013. Sekarang KRIMA dan LOKAKARYA sedang berjalan, dan kita semua berharap probinmaba tahun ini berjalan dengan lancar, amin.

Memang probinmaba mempunyai sisi positif dan negatifnya, ada kekurangan dan ada kelebihan. Kelebihannya adalah maba mendapatkan bekal untuk memasuki perkuliahan,bagaimana bersikap selama di kampus dan bagaimana cara berkontribusi untuk kolegium kita. Tapi pada dasarnya tujuan probinmaba yang utama adalah kaderisasi, yaitu membentuk generasi penerus yang akan memegang tongkat estafet di kolegium kita. Dengan adanya probinmaba, maba diperkenalkan mulai dari hal yang paling dasar tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin. Inipun ada 2 kemungkinan, kaderisasi bisa berhasil, bisa tidak.  Ini tergantung pada panitia dan semua kakak tingkat untuk mengemas probinmaba. Ketidakberhasilan itulah yang bisa dikatakan sebuah kekurangan. Panitia bisa dikatakan Cuma membuang waktu dan tenaga kalau seandainya probinmaba gagal.

Keberhasilan dan kegagalan probinmaba dapat dilihat setelah probinmaba berakhir, bagaimana dampak yang ditimbulkan, apakah angakatan itu aktif di kolegium?? Atau hanya jadi maba yang apatis?? Kita tunggu hasilnya, dan kita semua berharap probinmaba tahun ini akan menunjukkan sebuah keberhasilan. Aminn

0 komentar:

Posting Komentar