Diberdayakan oleh Blogger.

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Selayang Pandang LIDI (Lingkar Diskusi) Kastrat

Mahasiswa adalah kaum intelek yang peka dan kritis dalam berbagai hal. Oleh karena itu perlu ada wadah untuk menampung segala aspirasi, serta pemikiran kritis mahasiswa khususnya mahasiswa FKUB yaitu dengan dibentuknya proker LIDI kastrat. Kastrat atau kajian dan strategi, sesuai namanya maka kami mengkaji isu-isu atau masalah dan mencari penyelesaian masalah tersebut. Dalam pelaksanaan LIDI ini dibutuhkan orang-orang yang tanggap atau peka terhadap lingkungan serta kritis untuk menyelesaikan masalah tersebut.  LIDI kastrat dengan ketua pelaksana Dwi Aulia Tyas Puspito prodi Gizi 2012. LIDI ini dilaksanakan di GPP oval lantai 2 pada pukul 15.30 WIB, dan dilakukan 1 kali dalam satu bulan serta mempunyai tema yang berbeda disetiap pertemuannya. Dalam LIDI ini tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan 2 kali dalam sebulan, disesuaikan dengan kondisi akademik FKUB. Untuk tanggal dilaksanakannya LIDI kami menyesuaikan berdasarkan kondisi akademik FKUB, jadi setiap bulannya bisa berubah. Peserta LIDI adalah mahasiswa FKUB. Untuk mengumumkan kapan dilaksanakannya LIDI, kami mengirim jarkom ke BEM dan disebarkan oleh BEM ke kolegium FKUB. Dalam diskusi LIDI ini berbagai angkatan bebas mengikuti mulai dari mahasiswa baru sampai mahasiswa angkatan atas.


Teknis dari pelaksanaan LIDI adalah, diskusi interaktif. Dimana moderator memberikan triger atau masalah yang dibahas berdasarkan tema, kemudian peserta LIDI menanggapi atau memberi solusi dari masalah tersebut. Disini peserta dituntut untuk aktif dan bebas berbicara, dalam artian boleh berpendapat, menyanggah, bertanya, memberi kritik saran, karena tujuannya selain memecahkan masalah, tujuan lain yaitu mengeksplor mahasiswa. Kemudian setelah diskusi selesai maka moderator menyimpulkan hasil dari diskusi dan kemudian menutup diskusi dengan pembacaan doa. Pemecahan masalah hasil dari diskusi bisa berupa tindakan atau pemaparan. Misal untuk hasil berupa tindakan: melakukan lobbying ke dekan untuk penurunan kategori UKT. Contoh hasil pemaparan akan dibuat artikel yang akan diterbitkan di media sosial (Facebook, web) atau dicetak dan ditempel di mading-mading.


Misal disini kami mengambil contoh LIDI yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2013. Tema yang diangkat adalah “Open Recruitmen, dilema mahasiswa, bermanfaat atau hanya formalitas semata?”. Dalam diskusi tema ini kami membahas mengenai open rekruitmen dalam organisasi ataupun kepanitiaan, poin-poin yang kami bahas adalah: apakah semua mahasiswa FK sudah pernah mengikuti Open rekruitmen organisasi atau kepanitiaan, siapa saja orang yang aktif dalam mengikuti Open rekruitmen organisasi atau kepanitiaan, pandangan mahasiswa FK mengenai Open rekruitmen organisasi atau kepanitiaan, penyebab seseorang diterima atau ditolak dalam Open rekruitmen organisasi atau kepanitiaan, serta manfaat Open rekruitmen organisasi atau kepanitiaan.

Dalam setiap tema yang diangkat harus mempunyai dasar atau latar belakang kenapa perlu diangkat tema tersebut. Dan latar belakang diangkatnya tema tersebut adalah banyak mahasiswa FK yang pasif, mereka hanya prioritas akademik, yang aktif dalam organisasi dan kepanitiaan hanya orang-orang yang sama. Tujuan dilakukan LIDI untuk tema tersebut adalah untuk mengetahui berapa banyak mahasiswa FK yang tergolong dalam poin-poin diatas.

         Dalam LIDI yang kami lakukan masih jauh dari sempurna, seperti dalam penyajian masalah masih kurang, serta kurangnya minat mahasiswa FKUB dalam mengikuti LIDI. Untuk itu kami berharap LIDI generasi berikutnya agar kordinasi antar panitia bisa lebih baik lagi serta staf kastrat lebih bisa mengajak teman-temannya untuk datang dalam LIDI. Semoga dengan adanya proker LIDI ini segala bentuk isu dan masalah yang ada dikolegium atau diluar kolegium bisa terselesaikan dengan tepat dan bisa menjadikan mahasiswa FKUB menjadi mahasiswa yang aktif, tanggap dan mampu berpikir kritis.

0 komentar:

Posting Komentar