Diberdayakan oleh Blogger.

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Up Grading Internal : Leadership




Seorang pemimpin, tentu harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Pada beberapa orang yang memang dilahirkan untuk jadi pemimpin, mereka telah memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dalam dirinya. Tetapi pada sebagian lainnya, jiwa kepemimpinan itu harus dilatih dengan pengalaman dan tempaan berbagai masalah agar menjadi lebih kuat. Hal terkecil yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah mulailah jadi pemimpin yang baik bagi diri sendiri.


Seorang pemimpin adalah sosok yang diharapkan berani untuk mengambil keputusan di saat yang tepat dan berani mempertanggung jawabkannya. Salah satu aspek terpenting yang harus dipertimbangkan oleh seorang pemimpin adalah aspek Religius. Segala keputusan dan tindakan yang diambil oleh seorang pemimpin tetap harus berlandaskan nilai religius agar tidak menyalahi kaidah-kaidah yang berlaku di tengah masyarakat.

Sebenarnya, sifat seorang pemimpin ideal sesuai dengan semboyan Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani , yang artinya adalah di depan memberi contoh, di tengah memberikan semangat, di belakang memberi dorongan. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang tidak hanya bisa menyuruh orang yang dipimpin untuk melakukan apa yang dia inginkan, tapi juga harus bisa memberikan contoh nyatanya. Saat orang yang dipimpin mulai kehilangan motivasi dan semangat untuk menyelesaikan tanggung jawabnya, maka tugas seorang pemimpin lah untuk mengembalikan semangat dan memotivasi agar ia mau menyelesaikan tanggung jawabnya kembali.

Seorang pemimpin sudah seharusnya memiliki karakter yang kharismatik dan berwibawa agar tetap disegani oleh orang-orang yang dipimpinnya. Tetapi, seorang pemimpin juga tidak harus menjadi seorang otoriter yang memaksakan semua kehendaknya. Ada waktu, dimana seorang pemimpin harus menjadi teman bagi orang-orang yang dipimpinnya untuk mengetahui kemauan mereka yang sebenarnya. Pada intinya, seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menempatkan dirinya pada tempat dan waktu yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar