Diberdayakan oleh Blogger.

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Para Kastrater BEM FKUB 2013

Sekolah Kader Bangsa FKUB


Sekolah Kader Bangsa (SKB) adalah salah satu pendidikan karakter mahasiswa yang dilaksanakan oleh Departemen Kajian dan Strategi (Dept.Kastrat) FKUB. Dalam prosesnya, SKB memberikan substansi karakter yang harus dimiliki aktivis sebagai bekal awal memasuki dunia kampus sehingga mampu menyikapi fenomena yang ada disekitarnya dengan baik. Bekal tersebut akan bermanfaat ketika mahasiswa aktif pada lembaga kemahasiswaan atau unit kegiatan mahasiswa sehingga mampu beradaptasi lebih tepat. Selain itu, SKB bertujuan agar mahasiswa mempunyai jiwa kebangsaan dan cinta tanah air, dan nantinya bisa melakukan sebuah perubahan dan pergerakan.

                
                 Rangkaian SKB dikhususkan untuk maba, biasanya dilaksanakan pada awal tahun atau awal kepengurusan kabinet. SKB dibuat mendasarkan pada kebutuhan aktivis pada lembaga-lembaga yang ada di fakultas dan UKM yang tengah mengalami masa krisis kader. Apatisme mahasiswa semakin meninggi dengan menurunnya antusiasme mahasiswa mengikuti kegiatan kemahasiswaan mulai dari tingkat jurusan,fakultas dan universitas. Krisis aktivis ini dipicu oleh banyak hal diantaranya kemajuan TI sehingga mahasiswa lebih asyik bergelut dengan dunia maya daripada bersosialisasi. Degradasi nilai juga mempengaruhi antusiasme mahasiswa dalam organisasi. Norma-norma yang berkembang dimasyarakat sudah dikesampingkan sebagian kalangan dengan dalih modernisasi. Sebenarnya menyikapi fenomena ini tidak mesti dari sisi negative saja. Memang mereka memiliki alasan untuk tidak memilih organisasi sebagai sebuah aktivitas membangun. Alangkah lebih baiknya waktu yang ada dimanfaatkan untuk kegiatan bermanfaat agar kompetensi mahasiswa meningkat. Dengan diadakannya SKB diharapkan para generasi penerus (maba) tidak lagi mempunyai rasa apatis dan peduli terhadap perkembangan yang ada di fakultas, universitas dan terlebih bangsa Indonesia.

                 SKB dilaksanakan selama tiga hari, materi yang diberikan beraneka ragam, mulai dari  kepemimpinan dan kedipimpinan, public speaking, manajemen aksi sampai simulasi aksi.dan terbukti SKB memberikan dampak besar bagi bumi tandus FKUB tercinta, alumni SKB banyak yang aktif di kolegium, baik organisasi maupun kepantiaan. Itulah selayang pandang tentang SKB, sekarang gilrian kolega, generasi pejuang pejuang KASTRAT untuk menjalankan SKB tahun depan!!! Lakukanlah pergerakan, bukan rutinitas!!!

0 komentar:

Posting Komentar